Kamis, 04 Oktober 2012

Membuat Hexagon pada OpenGL

Berikut adalah gambar dari Hexagon obat nyamuk dengan menggunakan Dev C++ pada OpenGL.






Di sini saya menggunakan rumus secara manual. Adapun rumus yang di gunakan untuk membuat hexagon di atas yaitu:
glBegin(GL_LINE_STRIP);
    glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
    glVertex2f(10.0, 0.0);
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 1/6), 10 * sin(2*3.14159265*1/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 2/6), 10 * sin(2*3.14159265*2/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 3/6), 10 * sin(2*3.14159265*3/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 4/6), 10 * sin(2*3.14159265*4/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 5/6), 10 * sin(2*3.14159265*5/6));
    glVertex2f(11 * cos(2*3.14159265 * 6/6), 11 * sin(2*3.14159265*6/6));
    glEnd();

 Yang dimana 10 merupakan jari-jarinya dan 6 merupakan jumlah sudutnya.
dan untuk membuat hexagon seperti gambar di atas, rumus ini terus di ulang dengan merubah nilai jari-jari dan warna dari tiap=tiap hexagon.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar